OMK DANAN PEDULI LINGKUNGAN


Apa jadinya kalo OMK yang biasanya berkegiatan di lingkungan gereja sekarang keluar dan terjun ke masyarakat, bermain dan belajar di alam? 

Inilah yang terjadi pada 20 - 21 september 2017 lalu oleh OMK dari rayon selatan (paroki St. Yohanes Rasul Wonogiri, St. Yusuf Baturetno dan St. Ignatius Danan) di gereja St. Yusuf Baturetno dalam acara rekoleksi dan sarasehan malam satu suro.                   


Mengangkat tema "Menanam dan merawat air serta udara sebagai wujud kepedulian kepada sesama ciptaan", OMK diajak mencintai alam dengan cara mencintai makhluk hidup ciptaan Tuhan. Karena temanya tentang alam, OMK diajak berdinamika bersama dalam 3 kelompok besar dengan pertunjukan drama, musik dan presentasi tentang lingkungan. 


Dari paroki danan yang dimotori kakak Heri mendapat sambutan yang meriah dan antusias dari sekitar 100 peserta yang hadir dan tim dari bedono yang dipimpin Rm. Hartono, Pr, yang mendampingi rekoleksi ini.           


Keesokan harinya peserta melanjutkan acara dengan perjalanan memakai mobil terbuka ke daerah bukit mbah Jonambang, Bertawang, Baturetno. Sesampai di sana peserta disuguhi pemandangan yang cukup indah namun gersang. Untuk itulah para OMK dan karang taruna setempat diajak untuk membuat lubang yang nantinya ditanami pohon yang dapat menyimpan air.                       


Selama kerja bakti ini, tawa dan canda serta antusiasme peserta terlihat di wajah mereka. Maka tak terasa terik matahari siang hari sudah begitu menyengat sehingga para peserta kembali ke camp yakni pastoran Baturetno dan SD Kanisius Baturetno. Sebelum berakhir peserta diminta untuk membuat evaluasi dan refleksi bersama dan sebagai penutup diadakan Misa yang dipimpin Rm. St. Bagus Aris Rudiyanto, SJ.   (Febri, Henny Alit)

0 Komentar