Program Pewartaan Lebih dioptimalkan, Programasi Dewan Paroki St Ignatius Danan



Minggu (12/1) Dewan Pastoral Danan mengadakan Rapat Pleno Programasi tahun 2020. Dihadiri 85% dari seluruh pengurus, pamong lingkungan dan wilayah, pastor Nunung berpesan agar dalam menyusun program, lebih fokus pada program visioner dari paroki. Apa sebenarnya program visioner paroki?

Umat Yang Transformatif
Program visioner paroki menurut Rm. Ag. Nunung Wuryantoko, Pr yakni menjadi orang katolik yang transformatif atau berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Pribadi yang baik bisa dilihat bahwa hidupnya menjadi kabar gembira, menjadi sumber inspirasi dan hadir sebagai penolong. Untuk itu program pewartaan akan semakin banyak sesuai gagasan KAS 2020.
Dalam pengantarnya pastor Nunung berpesan, agar membuat program semampunya, tidak usah banyak-banyak namun pasti bisa dijalankan. "Buatlah yang program rutin saja dan program visioner kami yang akan melengkapi", tegas Rm. Nunung.

Pemasangan CCTV
Usai kata pengantar dari Pastor Paroki Danan, para pengurus masuk ke dalam kelompok diskusi menurut bidang masing-masing. Bertempat di beberapa ruang kelas SD Kanisius Serenan, pengurus yang terbagi dalam 6 bidang bergabung dalam kelompoknya dipimpin oleh ketua bidang masing-masing. Bidang liturgi/peribadatan diketuai oleh P. Widyatmoko, bidang pewartaan (H. Dwiyanto), bidang pelayanan kemasyarakatan (Th. Supriyanto), bidang paguyuban dan persaudaraan (Y. Ngatno), bidang rumah tangga (P. Tamadi), bidang penelitian dan pengembangan (FX. Ribudiadi).
Dalam laporan program yang disampaikan ketua bidang masing-masing usai diskusi kelompok, ada hal yang menarik terkait pembangunan dan renovasi gedung gereja. Demi keamanan, timja keamanan mengusulkan pemasangan CCTV dan pembangunan pagar yang lebih tinggi beserta gerbangnya agar tidak semua orang bisa masuk area gereja. Demikian juga timja pemeliharaan gereja akan merenovasi genteng dan lantai gereja. Sedangkan bidang penelitian dan pengembangan mengusulkan untuk membuat statistik dinding.
Meski demikian semua program menurut waktu dan anggaran yang telah disampaikan akan dilihat kembali dalam rapat dewan harian. Demikian pastor Nunung juga menegaskan semua harus difokuskan pada program visioner paroki yakni menjadi umat yang transformatif.

Henny Alit






0 Komentar